8 Alat Pernapasan pada Manusia


Alat pernapasan adalah organ-organ pada sistem pernapasan pada manusia. Alat tersebut berfungsi sebagai alat bantu pernapasan dan mendifusi oksigen ke dalam darah. Pernapasan adalah proses memasukkan atau mengeluarkan udara dari/ke paru-paru. Alat pernapasan pada manusia terdiri dari hidung, tenggorokan, trakea, laring, bronkus, bronkiolus, paru-paru, dan alveolus. Berikut adalah penjelasan alat pernapasan pada manusia:

anatomi hidung
1. Hidung
Hidung adalah saluran pertama yang dilalui udara saat menghirup udara dan saluran terakhir saat menghembuskan udara. Meskipun mulut juga dapat dijadikan sebagai tempat masuk keluarnya udara, namun hidung adalah alat yang paling baik untuk bernapas karena hidung juga memiliki lendir dan b*lu hidung yang berguna untuk membersihkan udara dari partikel debu serta memiliki saraf yang berfungsi sebagai indera penciuman.
2. Tenggorokan
Tenggorokan atau faring adalah simpangan antara mulut, tenggorokan, dan kerongkongan. Saluran kerongkongan akan menuju ke saluran pencernaan manusia. Sedangkan saluran tenggorokan menuju ke paru-paru. Di tenggorokan terdapat pita suara yang berfungsi untuk menghasilkan suara pada manusia dan epiglotis yang berfungsi mencegah makanan masuk ke dalam saluran tenggorokan.
3. Laring
Laring atau pangkal tenggorokan adalah saluran yang berada di antara faring dan trakea. Saluran ini dikelilingi oleh tulang rawan dan diselaputi oleh membran mukosa. Tulang rawan pada laring membentuk jakun pada pria dewasa.
laring dan trakea
4. Trakea
Trakea atau batang tenggorokan adalah saluran yang menghubungkan antara faring dan bronkus. Saluran ini cukup panjang, yakni dengan panjang sekitar 10 cm dan dikelilingi oleh cincin tulang rawan. Dinding trakea tipis, kaku, bersilia, dan berlendir. Lendir pada trakea berfungsi menangkap partikel debu. Debu yang masuk akan langsung menempel pada lendir tersebut. Sedangkan fungsi silia adalah untuk mengeluarkan partikel debu yang tertangkap tersebut menuju kerongkongan.
5. Bronkus
Bronkus adalah cabang tenggorokan yang berbentuk seperti huruf Y terbalik dimana kedua cabang tersebut mengarah ke paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Dengan bentuk dan ukuran masing-masing cabang yang sama, maka volume udara yang masuk ke paru-paru kiri dan paru-paru kanan juga sama. Bronkus tersusun atas tulang rawan yang sama seperti pada trakea. Bronkus kiri nantinya akan memiliki 2 cabang bronkiolus, sedangkan bronkus kanan memiliki 3 bronkiolus.
6. Bronkiolus
Bronkiolus adalah cabang dari bronkus. Letaknya berada di dalam paru-paru. Bronkiolus akan terus memiliki cabang sampai berukuran sangat kecil. Bronkiolus tidak memiliki tulang rawan dan mukosa namun bersilia. Bronkiolus bermuara ke alveolus.
7. Paru-Paru
anatomi paru-paru

Paru-paru adalah organ yang berfungsi mendifusi oksigen ke dalam sel darah merah dan menerima karbon dioksida dan uap air dari sel darah merah. Paru-paru berjumlah sepasang. Paru-paru kanan terdiri dari 3 lobus dan paru-paru kiri terdiri dari 2 lobus. Bagian luar paru-paru terbungkus oleh selaput pleura. Di dalam paru-paru terdapat bronkus, bronkiolus, dan alveolus.
8. Alveolus
Alveolus adalah muara dari sistem pernapasan pada manusia. Bentuknya seperti bola-bola kecil. Fungsi alveolus adalah mendifusi oksigen ke dalam darah dan menerima karbon dioksida dan uap air dari darah. Alveolus terdiri dari selapis jaringan epitel pipih dan menempel dengan pembuluh darah. Jumlah alveolus bisa mencapai jutaan di dalam paru-paru.

No comments:

Post a Comment