5 Fungsi Hati (Liver) Manusia Lengkap

Hati (liver) adalah kelenjar terbesar di tubuh manusia yang berperan penting dalam sistem peredaran darah, sistem ekskresi, dan sistem pencernaan. Hati berperan penting dalam proses perombakan sel darah merah dan berperan penting dalam pengolahan sari-sari makanan setelah diserap di usus halus. Hati tidak berfungsi untuk mengendalikan perasaan seseorang. Rasa sakit yang biasa disebut "sakit hati" tersebut terjadi di jantung. Berikut adalah beberapa fungsi hati manusia.
fungsi hati manusia


1. Penghasil Empedu
Empedu adalah zat hasil perombakan sel darah merah. Meskipun harus dibuang, getah empedu berguna bagi pencernaan yaitu berfungsi untuk mengemulsi lemak sehingga mudah dicerna. Setelah itu, empedu akan diserap di usus halus dan sebagiannya keluar bersama f*ses. Empedu yang diserap usus halus masuk ke dalam pembuluh darah dan dikeluarkan melalui ginjal bersama dengan urine.
2. Memproses Sari-Sari Makanan
Hati mampu memproses seluruh zat makanan yang terdapat pada makanan. Hati dapat melakukan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang terdapat dalam sari-sari makanan. Itu dikarenakan karena hati memiliki beberapa enzim yang berguna untuk membantu memproses sari-sari makanan tersebut.
3. Memproses Obat dan Zat Kimia
Hati memproses obat-obatan atau zat kimia lainnya dan kemudian diekskresikan melalui empedu. Selain itu, hati juga dapat memproses alk*hol. Hati berperan penting dalam proses penawar racun yang terdapat pada makanan/minuman yang dikonsumsi.
4. Menyimpan Glukosa
Hati dapat menyimpan glukosa (gula sederhana) dalam bentuk glikogen (gula otot) untuk sementara waktu. Jika tubuh memerlukan glukosa, maka hati akan melepaskan glukosa yang disimpannya. Ini berguna untuk menjaga kadar gula dalam darah.
5. Menyimpan Beberapa Zat Penting
Selain glukosa, hati juga dapat menyimpan beberapa zat penting seperti asam amino, zat besi, dan vitamin.

No comments:

Post a Comment