5 Bagian-Bagian Glomerulus Beserta Fungsinya

Glomerulus adalah sebuah jaringan berkas kapiler yang berlokasi di bagian awal nefron ginjal. Fungsi glomerulus adalah melakukan filtrasi darah untuk membentuk urine. Glomerulus diselubungi oleh selubung berbentuk mirip seperti cangkir yang disebut kapsula Bowman. Berikut adalah penjelasan bagian-bagian glomerulus beserta fungsinya lengkap dengan gambar anatomi glomerulus dan keterangannya:
Baca juga: 12 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya (Beserta Gambar)
Gambar anatomi glomerulus beserta keterangan

(Tubulus kontortus proksimal bukan bagian dari glomerulus, melainkan bagian dari nefron)
1. Kapsula Bowman
Kapsula Bowman adalah bagian luar glomerulus yang menyelubungi glomerulus. Fungsinya adalah untuk melakukan filtrasi. Pada kapsula Bowman terdapat pori-pori yang berfungsi sebagai penyaring darah. Bagian luar kapsula Bowman terdiri dari jaringan epitel pipih selapis, sedangkan di dalamnya terdapat rongga yang berfungsi untuk menampung urine primer. Nama bagian glomerulus ini dinamakan berdasarkan nama penemunya yaitu Sir William Bowman yang menemukannya pada tahun 1842.
2. Arteriole Eferen
Arteriole eferen adalah pembuluh darah yang membawa keluar darah dari glomerulus dan membawanya ke tubulus kontortus proksimal.
3. Arteriole Aferen
Arteriole aferen adalah pembuluh darah yang membawa masuk darah ke glomerulus untuk dilakukan filtrasi. Arteriole aferen dapat mengatur tekanan darah di dalam glomerulus untuk mengatur hasil saringan glomerulus.
4. Kapiler
Baca juga: Bagian Ginjal yang Berfungsi Sebagai Filtrasi (Dengan Gambar)
Kapiler adalah bagian utama dari glomerulus yang merupakan bagian terkecil dari pembuluh darah. Kapiler membentuk aliran sirkulasi darah kecil di dalam glomerulus.
5. Sel Mesangial
Sel mesangial adalah sel yang berada diantara kapiler dan kapsula Bowman. Beberapa sel mesangial membentuk mesangium.

No comments:

Post a Comment