9 Bagian-Bagian Lambung Beserta Fungsinya

Lambung adalah organ pada sistem pencernaan yang memiliki otot, berongga, dan dapat mensekresikan beberapa macam zat. Fungsi utama lambung adalah untuk menghancurkan makanan, mengubah beberapa zat pada makanan, dan membunuh bibit penyakit pada makanan. Lambung memiliki otot polos yang sangat kuat untuk mengoyak makanan hingga menjadi seperti bubur. Lambung terdiri dari beberapa bagian dan lapisan. Berikut adalah bagian-bagian lambung dan fungsinya beserta gambar anatomi lambung:
Baca juga: 8 Organ Tubuh Manusia Beserta Fungsinya
Gambar Anatomi Lambung

1. Otot Kardia
Otot kardia adalah pintu masuk menuju lambung dari kerongkongan. Fungsi otot kardia adalah untuk membuka atau menutup kardia.
2. Pintu Lambung
Pintu lambung adalah saluran yang menuju ke lambung. Pintu lambung juga disebut kardiak. Fungsi pintu lambung adalah untuk mencegah makanan keluar kembali dari lambung atau mengeluarkan makanan dari lambung karena suatu hal (seperti muntah).
3. Kubah
Kubah atau fundus adalah bagian dalam lambung yang bentuknya membulat. Pada bagian inilah berbagai enzim dan asam klorida disekresikan. Fungsi fundus adalah untuk mensekresikan enzim renin, enzim pepsin, dan asam klorida.
4. Serabut Otot Longitudinal
Serabut otot longitudinal adalah otot pada lambung yang terdiri dari tiga lapisan otot yaitu otot melingkar, otot memanjang, dan otot menyerong. Fungsi serabut otot longitudinal adalah untuk melakukan gerak peristaltik pada lambung sehingga makanan dapat diremas-remas hingga hancur dan bercampur dengan enzim serta asam klorida.
5. Serabut Saraf
Di bagian dinding lambung terdapat lapisan yang berisi serabut saraf. Saraf tersebut ada yang melingkar (serabut saraf melingkar) dan ada yang melintang (serabut saraf melintang). Fungsi serabut saraf adalah untuk memberikan impuls ketika lambung penuh dengan makanan sehingga kita merasa kenyang dan juga mengingatkan kita akan gejala maag. Sakit maag berasal dari saraf ini.
6. Lapisan Mukosa
Lapisan mukosa adalah lapisan yang terdiri dari sel-sel mukosa yang dapat mengeluarkan mukus (lendir). Fungsi cairan mukus tersebut adalah untuk merangsang sekresi asam klorida dan pepsinogen.
7. Lapisan Submukosa
Lapisan submukosa adalah lapisan yang terdiri dari jaringan ikat lunak. Fungsi lapisan submukosa adalah untuk menghubungkan lapisan mukosa dan otot.
8. Katup Pilori
Baca juga: 8 Proses Pencernaan Makanan pada Manusia
Katup pilori (katup pilorus) adalah katup yang menghubungkan lambung dengan usus dua belas jari. Katup pilorus terdiri dari antrum pilorus dan saluran pilorus. Fungsi katup pilorus adalah untuk menahan atau melepaskan makanan, enzim, dan asam klorida pada lambung serta mencegah makanan pada usus dua belas jari kembali ke lambung.
9. Bhawwab
Bhawwab adalah pintu keluar dari lambung menuju usus dua belas jari. Fungsi bhawwab adalah sebagai akses makanan yang sudah dicerna di lambung menuju usus dua belas jari.

No comments:

Post a Comment