Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Murni

Seni rupa mumi adalah karya seni yang diciptakan hanya untuk dinikmati/dihayati makna atau nilai estetikanya. Hasil karya seni rupa murni tidak dapat digunakan sebagai alat mempermudah hidup manusia. Karya seni rupa murni dapat diidentifikasikan melalui keunikan, bentuk, ciri khas, dll. Berikut adalah cara mengidentifikasi karya seni rupa murni dan contohnya.
Baca juga: Pengertian Seni Musik Lengkap
Mengidentifikasi karya seni rupa murni

1. Pengertian Mengidentifikasi

Sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui arti kata mengidentifikasi. Mengidentifikasi berasal dari kata dasar "identifikasi" yang berarti "pencarian identitas". Dengan awalan "meng-" berarti "melakukan pencarian identitas". Identitas yang dimaksud adalah karya seni rupa murni tersebut.
2. Hal yang Dapat Diidentifikasi dari Karya Seni Rupa Murni
Berikut adalah hal-hal yang dapat diidentifikasi dari sebuah karya seni rupa murni:
  1. Jenis. Mengidentifikasi apakah karya seni rupa murni itu berupa patung, lukisan, relief, ukiran, kerajinan dari keramik, dll.
  2. Bahan baku. Mengidentifikasi bahan dasar yang digunakan untuk membuat karya seni rupa murni tersebut. Contohnya adalah keramik, kayu, tanah liat, batu, dll.
  3. Teknik pembuatan. Mengidentifikasi teknik yang digunakan untuk menciptakan karya seni rupa murni. Contohnya adalah melukis, mengukir, membentuk, dll.
  4. Makna. Setiap karya seni memiliki makna yang mewakili perasaan penciptanya seperti marah, sedih, senang, bahagia, dll.

No comments:

Post a Comment