2 Penyakit yang Menyerang Usus Halus

Usus halus adalah bagian dari saluran pencernaan yang terletak di antara lambung dan usus besar. Fungsi utama usus halus adalah menyerap sari-sari makanan. Usus halus terdiri dari dua bagian utama yaitu jejunum dan ileum. Terdapat beberapa penyakit pada usus halus. Berikut adalah penyakit yang menyerang usus halus:
Baca juga: 8 Proses Pencernaan Makanan pada Manusia
Penyakit pada Usus Halus

1. Penyakit Crohn
Penyakit Crohn (Crohn's disease) adalah penyakit radang usus yang dapat memengaruhi setiap bagian dari saluran pencernaan salah satunya adalah usus halus. Tanda dan gejala penyakit ini adalah sakit perut, diare (terkadang berdarah), demam, dan penurunan berat badan. Komplikasi lain yang bisa terjadi adalah anemia, ruam kulit, radang sendi, radang mata, dan kelelahan. Orang dengan penyakit Crohn lebih beresiko terkena kanker usus. Penyakit ini disebabkan oleh kombinasi dari faktor lingkungan, kekebalan tubuh, dan bakteri. Hal itu menyebabkan terjadinya gangguan inflamasi kronis dimana sistem kekebalan tubuh menyerang saluran pencernaan untuk membuhuh mikroba antigen. Belum ada obat atau metode pembedahan yang dapat menyembuhkan penyakit Crohn, yang bisa dilakukan hanyalah pencegahan dan mengurangi gejala. Penyakit ini lebih sering terjadi di Eropa dan Amerika Utara dibandingkan Asia dan Afrika.
2. Atresia Usus
Baca juga: 8 Organ Tubuh Manusia Beserta Fungsinya
Atresia usus adalah malformasi yang ditandai dengan penyempitan atau hilangnya sebagian bagian dari usus. Atresia usus tergolong kelainan yang dapat terjadi di usus halus maupun usus besar. Penyebab paling umum dari kelainan pembuluh darah saat berada di rahim.

No comments:

Post a Comment