5 Sumber Penghasilan Utama Negara Italia

Italia adalah sebuah negara di sebelah selatan Benua Eropa. Italia merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-8 di dunia, salah satu negara paling terindustrialisasi, dan menjadi pemimpin dunia dalam bidang ekspor impor. Negara ini dikenal akan industri kreatif dan inovatif. Selain itu, Italia juga terkenal akan sektor pertaniannya. Bahkan Italia menjadi negara produsen w1ne terbesar di dunia. Negara ini juga mempengaruhi industri kendaraan berkualitas tinggi, mesin, makanan, design, dan fesyen. Perusahaan asal Italia yang terkenal di dunia adalah Fiat Chrysler Automobiles, Ducati, Piaggio, Pirelli, Benelli, Armani, Versace, Dolce & Gabbana, Gucci, Diesel, Prada, Perfetti Van Melle, UniCredit, Ferrari, Maserati, dan Lamborghini. Berikut adalah sumber pendapatan utama negara Italia:
Baca juga: 30 Negara Maju di Benua Eropa Beserta Penjelasan
Sumber penghasilan utama negara Italia

1. Produk Mewah
Italia dikenal karena memiliki beberapa perusahaan dengan target penjualan hanya kepada orang-orang tertentu. Contohnya adalah pakaian mewah, perhiasan, dan kendaraan mewah. Produk tersebut biasanya tidak diproduksi secara massal dan sebagian besar menggunakan keterampilan tangan manusia.
2. Industri Kreatif
Italia tidak memiliki banyak perusahaan multinasional. Namun, Italia memiliki banyak perusahaan kecil dan menengah. Kebanyakan dari UKM tersebut bergerak di bidang industri kreatif seperti pakaian, produk dari kulit, sepatu, furnitur, tekstil, peralatan mesin, suku cadang, perabotan rumah tangga, dan perhiasan. Banyak dari produk industri tersebut yang di ekspor ke luar negeri.
3. Keuangan
Italia memiliki sejumlah perusahaan keuangan multinasional seperti bank dan asuransi. Contohnya adalah UniCredit, Allianz, BNP Paribas, AXA, dan Zurich Insurance.
4. Kuliner
Italia terkenal akan kulinernya yang mendunia. Selain itu, Italia juga merupakan negara penghasil w1ne terbesar di dunia. Ekspor pasta untuk spageti juga menjadi salah satu sumber pendapatan utama Italia.
5. Pariwisata
Baca juga: 5 Kota di Benua Eropa yang Sumber Utama Pendapatan di Sektor Pariwisata
Sektor pariwisata juga menjadi salah satu sumber devisa terbesar bagi Italia. Negara ini merupakan negara yang paling sering dikunjungi ke-5 di dunia dengan sekitar 48,6 juta wisatawan pada tahun 2014. Hal itu dikarenakan Italia sangat kaya akan kebudayaan, sejarah, dan tempat eksotis.

No comments:

Post a Comment