6 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Akuntansi biaya adalah suatu proses mengumpulkan, mencatat, mengelompokkan, menganalisis, mengikhtisarkan, mengalokasi, dan mengevaluasi berbagai alternatif tindakan dan pengendalian biaya. Fungsi akuntansi biaya adalah memberi saran kepada manajer tentang tindakan yang paling efisien dalam hal biaya untuk memproduksi suatu barang atau jasa. Akuntansi biaya memberikan informasi biaya yang lebih mendetail yang diperlukan oleh manajer untuk mengendalikan operasional saat ini dan rencana di masa depan. Untuk lebih memahami tentang konsep akuntansi biaya, berikut adalah beberapa contoh pengertian akuntansi biaya menurut para ahli:

Pengertian akuntansi biaya menurut para ahli


1. Abdul Halim

Akuntansi biaya adalah akuntansi yang membicarakan tentang penentukan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi (atau dijual di pasar) baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan yang akan dijual.

2. Kholmi dan Yuningsih (2009:1)

Akuntansi biaya adalah proses pelacakan, pencatatan, pengalokasian, pelaporan, dan analisis terhadap berbagai macam biaya yang berhubungan dengan aktivitas atau kegiatan suatu perusahaan atau organisasi untuk menghasilkan barang dan jasa.

3. Mulyadi (1999:6)

Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.

4. Schaum

Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa.

5. R. A. Supriyono

Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan menekan transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

6. Carter dan Usry

Akuntansi biaya adalah penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikan kualitas dan efisiensi, serta membuat keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.

No comments:

Post a Comment